WordPress adalah Platform Open Source

WordPress terkini yang baru dirilis pada 12 November 2019 adalah WordPress 5.3 Kirk. WordPress 5.3 dibangun oleh hampir 700 relawan yang berkontribusi, dan sudah diterjemahkan ke 47 bahasa.

WordPress adalah perangkat lunak open source yang didistribusikan gratis di bawah lisensi General Public Lincense (GPL). Semua tema dan plugin WordPress harus mematuhi lisensi GPL. Tema dan plugin versi premium (berbayar) dapat dipasarkan di luar direktori WordPress.org. Produk komunitas WordPress lain yang didistribusikan dengan lisensi GPL adalah Wapuu. Hal ini artinya siapa pun dapat mendesain Wapuu dan memodifikasinya serta dimanfaatkan untuk kepentingan komunitas.

WordPress terus dikelola dan dikembangkan oleh komunitas dan kontributor dari seluruh dunia yang bekerja dengan sukarela. Beberapa kontributor misalnya dipekerjakan oleh Automattic, perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg, dan perusahaan lain yang mendukung WordPress.

Perangkat lunak open source artinya adalah perangkat lunak tersebut memiliki source code yang dapat dilihat, dimodifikasi dan diperbaiki, untuk menjadi lebih baik. WordPress sebagai perangkat lunak open source artinya adalah source code WordPress dibangun oleh dan untuk komunitas di seluruh dunia. Siapapun dapat menggunakannya gratis tanpa harus membayar lisensi.

Semangat dan nilai-nilai open source dalam WordPress dapat dilihat di berbagai proyek WordPress.org dan kegiatan komunitas WordPress. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi. Siapa pun dapat berperan sesuai dengan kemampuannya. Proyek dan komunitas WordPress terbuka untuk menerima kontribusi dari siapa pun untuk menjadikan WordPress lebih baik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Lalu, apa bedanya WordPress.org dengan WordPress.com? WordPress.org memiliki dua pilar penyangga, yaitu teknologi dan komunitas. Sedangkan WordPress.com adalah salah satu proyek dari Auttomatic, di antara proyek lain seperti Jetpack, WooCommerce, Gravatar, VaultPress, dan Akismet.

Manakah cara yang lebih baik untuk membangun situs web? Sumber yang paling dapat dijadikan acuan adalah situs WordPress.com. Banyak artikel yang membandingkan WordPress.org dengan WordPress.com, akan tetapi tidak memberikan informasi yang lengkap dan terkini, serta tidak memberikan perbandingan yang tepat. Artikel yang membandingkan keduanya dan dapat dijadikan referensi adalah codeinwp.com atau wpbeginner.com.

Kami mengajak para pengguna WordPress di Indonesia untuk lebih mengenal platform yang digunakan dalam berkarya. Dengan mengenal lebih baik, maka Anda akan memahami alasan komunitas dan kontributor secara sukarela berkontribusi kembali untuk WordPress.

Sumber: https://devinmaeztri.blog/2019/12/03/cara-berkontribusi-ke-wordpress/

2 thoughts on “WordPress adalah Platform Open Source”

Tinggalkan Balasan