Cara Berkontribusi ke WordPress

Banyak cara untuk dapat berkontribusi untuk WordPress. Selain coding, kemampuan lain yang dibutuhkan adalah mengelola forum bantuan atau tanya jawab, menerjemahkan, mengadakan WordPress Meetup atau WordCamp. Sumber informasi untuk berbagai proyek yang dikelola oleh komunitas adalah make.wordpress.org. Infografis di bawah ini adalah rangkuman dari proyek yang dikelola oleh WordPress.org.

Proyek Komunitas WordPress.org

Di bawah ini adalah penjelasan singkat dari infografis di atas yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Akan tetapi, judul proyek tidak diterjemahkan untuk memudahkan pencarian literatur lebih lanjut yang umumnya tersedia dalam Bahasa Inggris.

  1. SUPPORT
    Menjawab pertanyaan untuk membantu pengguna WordPress lain di forum dan Slack. Panduan: mulailah dengan yang mudah dan pelajari lebih lanjut seiring waktu!
  2. DOCS
    Memperbaiki dokumentasi termasuk Codexhandbook, dan lainnya.
  3. TRAINING
    Menyusun kurikulum untuk kursus pelatihan WordPress gratis.
  4. COMMUNITY
    Mengumpulkan banyak orang melalui kegiatan seperti Meetup dan WordCamp, serta berupaya menjangkau peserta baru untuk meningkatkan keberagaman dan mendapatkan kontributor baru.
  5. SPEAK & SHARE
    Membagikan pengalaman dan kemampuan; menjadi pembicara atau pemateri di Meetup atau WordCamp, dan lokakarya WordPress.
  6. VIDEO
    Menyeleksi/mengelola konten video, menyunting (post-processing), membuat transkrip atau subtitle video.
  7. THEMES
    Memeriksa kembali kode tema untuk menjaga direktori selalu tersusun baik.
  8. PLUGINS
    Menjaga keamanan direktori plugin dengan memeriksa kembali kode plugin.
  9. META
    Membantu mengelola infrastruktur yang mendukung WordPress.org dan WordCamp.org.
  10. CORE
    Mengelola perangkat lunak yang menghidupi banyak web.
    Dicari: praktisi yang antusias berkontribusi dengan kemampuan codingtesting, desain, ux, dan mobile.
  11. ACCESSIBILITY
    Mengelola WordPress dan hal lain di WordPress.org agar dapat diakses oleh semua orang termasuk yang berkebutuhan khusus.
  12. POLYGLOTS
    Menerjemahkan apa pun!

Siapa pun yang ingin berkontribusi dan terlibat di dalam komunitas WordPress di seluruh dunia (khususnya kontributor yang terlibat dalam kegiatan Meetup dan WordCamp) diharapkan dapat mengikuti tiga hal penting berikut:

Oleh karena itu, kami terus mengajak para pengguna WordPress di Indonesia untuk bergabung di platform komunikasi Slack agar terhubung dengan komunitas dan kontributor global. Diskusi dan pengambilan keputusan terkait WordPress yang difasilitasi oleh komunitas WordPress global terjadi di Slack. Kita juga akan lebih terpapar mengenai perkembangan WordPress terkini dengan terhubung dengan komunitas dan kontributor global.

Sumber: https://devinmaeztri.blog/2019/12/03/cara-berkontribusi-ke-wordpress/

8 thoughts on “Cara Berkontribusi ke WordPress”

    1. Kesulitannya di mana Mas/Mbak? Menurut mudah karena banyak jalannya untuk berkontribusi. Jadi tidak hanya yang bisa coding yang bisa berkontribusi. Berbagai macam proyek dengan namanya masing-masing adalah kesempatan yang terbuka lebar bagi siapa pun untuk berkontribusi Mas/Mbak ๐Ÿ™‚ Semangat ya, kita butuh semua orang berperan sesuai minat dan kapasitasnya masing-masing. ๐Ÿ™‚

  1. Terimakasih, penyemangat nya.. istilah” kata banyak yang saya belum tau.. seperti coding contoh nya,itu saya juga belum faham..sering kepikiran nulis artikel,tapi cari inspirasi (takut njiplak) saya memang benar-benar awam di blog/internet,tapi memang ketertarikan dan penasaran selalu ada di benak ini (saya cuma lulusan SMK,tanpa mengenal materi mengenai blog/dunia internet)

    1. Coding dari code atau kode, membuat kode, biasanya dilakukan oleh developer situs web. Tulis artikel yang orisinal, jadikan apa yang terjadi di sekitar kita sebagai inspirasi dan kalau mau serius, fokus memilik topik yang mengambarkan diri sendiri, cita-cita, mimpi dan nilai yang dianut. Jangan takut memulai. Coba tulis tentang sekolah, guru, teman-teman, keluarga, hobi, tempat tinggal, makanan kesukaan, apa pun bisa jadi topik yang orisinal. Bisa juga tentang pelajaran di sekolah.

Tinggalkan Balasan