Komunitas WordPress Indonesia Mengajak Anda Menerjemahkan WordPress dan WooCommerce

WordPress merupakan sebuah platform open source yang dibangun oleh komunitas.  Sesuai dengan prinsip open source, siapapun dapat berkontribusi untuk membangun WordPress agar lebih mudah digunakan dan menjangkau pengguna lebih banyak lagi.

Saat ini ada 18 cara untuk Anda berkontribusi: Core, Design, Mobile, Accessibility, Polyglots, Support, Documentation, Themes, Plugins, Community, Meta, Training, Test, TV, Marketing, CLI, Hosting dan Tide — bukan jumlah yang sedikit. Pilihan yang beragam ini memungkinkan siapa saja untuk bergabung sesuai dengan minat dan keahlian, baik developer maupun non-developer. Rincian informasi masing-masing bidang tersebut bisa dilihat di sini: https://make.wordpress.org/.

Bagi Anda yang ingin berkontribusi di tim Polyglots di Indonesia, kami mengajak Anda untuk mulai dengan bergabung di sini: https://bit.ly/slack-wp-id-terjemahan.

Polyglots adalah sebutan untuk tim penerjemah. Tujuan penerjemahan adalah agar WordPress lebih mudah digunakan oleh siapa pun dan di mana pun — bukan hanya oleh penutur atau pengguna yang dapat berbahasa Inggris. Polyglots adalah wadah bagi komunitas pengguna WordPress untuk berkontribusi secara kolektif menerjemahkan WordPress ke Bahasa Indonesia. Menarik bukan?

Khusus komunitas WordPress Indonesia, fokus utama saat ini adalah menerjemahkan WordPress Core dan WooCommerce, karena belum diterjemahkan 100% ke dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, terjemahan yang sudah ada mungkin memerlukan revisi atau pembaruan karena bersifat ambigu dan kurang sesuai dengan tujuannya.

Diagram penerjemahan WordPress core. Berdasarkan data dari https://translate.wordpress.org/locale/id/default/wp/dev/ per 10 September 2019

Sedangkan untuk WooCommerce, walaupun merupakan plugin e-commerce yang paling banyak digunakan saat ini, masih banyak pemilik bisnis yang belum memahami manfaatnya, apalagi mengelola sistem manajemen toko online. Oleh karena itu, penerjemahan yang baik akan dapat membantu masyarakat Indonesia memulai bisnis online dengan mudah dengan WooCommerce.

Diagram penerjemahan WooCommerce. Berdasarkan data dari https://translate.wordpress.org/locale/id/default/wp-plugins/woocommerce/ per 10 September 2019

Siapa saja yang bisa ikut kegiatan penerjemahan WordPress? Siapa saja yang menggunakan WordPress dan dapat meluangkan waktu serta membagikan kemampuan linguistiknya dengan sesama pengguna WordPress. Anda tidak harus seorang ahli bahasa, atau dari kalangan akademisi. Siapapun bisa ikut dan kita akan belajar bersama.

Apa keuntungannya? Anda dapat menolong sesama pengguna WordPress untuk lebih memahami keunggulannya dan menggunakan WordPress meraih cita-citanya. Platform open source WordPress dapat digunakan gratis oleh siapa pun. Artinya kita dibantu oleh jutaan orang di seluruh dunia yang berkontribusi pada pembangunan software, tema dan plugin WordPress. Maka dengan menjadi relawan penerjemah WordPress, Anda dapat meneruskan kontribusi yang Anda terima dengan gratis kepada sesama pengguna WordPress yang membutuhkan.

Selain itu, berkontribusi untuk komunitas membuka jalan untuk dikenal oleh perusahaan pengembang produk atau layanan berbasis WordPress ternama seperti 10up, Elegant Themes, Human Made, dan lainnya. Biasanya perusahaan-perusahaan tersebut mencari kandidat yang pernah berkontribusi di kegiatan open source. Akan tetapi, titik beratnya adalah pada kesempatan untuk menimba ilmu pada proyek open source sebesar WordPress dan memahami bagaimana WordPress berkembang dan meningkatkan performanya. Selain itu kita bisa membangun jejaring dan belajar bekerja sama dengan bantuan teknologi komunikasi dari manapun.

Jika Anda sudah memiliki profile WordPress.org, Anda pasti tahu Profile Badge. Dengan menjadi Contributor atau Editor di Tim Polyglot, Anda akan mendapatkan badge yang akan menambah koleksi Profile Badge di profil Anda.

Badge untuk relawan penerjemah

Keuntungan lain yang tidak kalah menarik adalah kita dapat menambah teman dan relasi. Orang bijak mengatakan, ‘banyak teman banyak rejeki’.

Tunggu apa lagi! Ayo gabung sebagai relawan penerjemah untuk WordPress Indonesia. Gabung di kanal terjemahan di Slack WP ID.

Narahubung:

One thought on “Komunitas WordPress Indonesia Mengajak Anda Menerjemahkan WordPress dan WooCommerce”

Tinggalkan Balasan