Cara Terlibat dalam Kegiatan WordPress di Indonesia

Di Indonesia, program Meetup yang terhubung resmi dengan WordPress.org di platform Meetup.com terdaftar di beberapa kota, antara lain: Bali, Bandung, Bekasi, Jakarta, Semarang, Solo/Surakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Saat ini, Meetup aktif diadakan hanya di Bali, Bekasi, Jakarta, Semarang dan Surabaya, serta Gresik yang baru saja bergabung. Hal ini pun belum cukup rutin diadakan untuk membangun komunitas yang solid dan siap mengadakan WordCamp. WordCamp pernah diadakan sebanyak 11 kali di Indonesia. WordCamp pertama, yang disebut WordCamp Indonesia, diadakan di Jakarta pada tahun 2009 dan dihadiri oleh Matt Mullenweg. WordCamp Indonesia selanjutnya diadakan di Depok pada tahun 2010, di Bandung pada tahun 2011, dan di Yogyakarta pada tahun 2013. Selanjutnya, WordCamp disebut berdasarkan nama kota tempat diselenggarakan, yaitu WordCamp Denpasar pada tahun 2016, WordCamp Ubud pada tahun 2017, WordCamp Jakarta pada tahuh 2017 dan 2019.

Selain Meetup, kegiatan komunitas lain yang mulai aktif adalah Poliglot yaitu kegiatan penerjemahan WordPress, dan PerempuanWP yaitu inisiatif untuk mendorong lebih banyak pengguna WordPress perempuan untuk terlibat. Upaya untuk mendorong kontribusi pengguna WordPress di Indonesia hanya dilakukan oleh segelintir orang dan tentunya membutuhkan bantuan dari lebih banyak orang.

Cara mudah untuk bergabung, terhubung dan terlibat adalah dengan menjadi bagian dari berbagai platform komunikasi dan berkontribusi sebagai peserta, relawan, organizerspeaker atau sponsor dalam Meetup dan WordCamp.

Platform utama untuk berbagi dan berkomunikasi adalah:

Jika ingin berpartisipasi di dalam kegiatan WordPress di kota Anda, jangan berharap dan menunggu seseorang untuk melakukannya. Karena tidak ada seorang pun yang dapat melakukannya kecuali Anda sendiri. Semua orang punya peran dan dapat memulai kegiatan di kota masing-masing.

Mulai dengan mengumpulkan para pengguna WordPress dalam sebuah pertemuan santai. Gunakan berbagai platform dan semua sumber daya untuk menjangkau mereka. Lakukan dengan rutin beberapa kali.

Jika sebagian besar peserta pertemuan berkomitmen untuk mengikuti program Meetup, maka pastikan Anda siap menjadi representasi WordPress, memahami Kode Etik Komunitas WordPress global, dan lima petunjuk singkat penyelenggaraan WordPress Meetup, kemudian ikuti rekomendasi di dalam artikel berikut.

Catatan:
1. Tinggalkan komentar jika Anda memiliki informasi terkini atau tautan media sosial yang tidak terdaftar di atas.
2. Penulisan WordPress harus selalu dengan huruf W dan P besar.

Sumber: https://devinmaeztri.blog/2019/12/03/cara-berkontribusi-ke-wordpress/

3 thoughts on “Cara Terlibat dalam Kegiatan WordPress di Indonesia”

Tinggalkan Balasan