Wapuu Ubud & Wapuu Denpasar

Wapuu, maskot WordPress pemersatu komunitas!

Siapa yang tidak kenal Wapuu? Kalau tidak kenal, maka kenalan yuk! Wapuu adalah maskot WordPress yang diperkenalkan pertama kali di WordCamp Tokyo pada tahun 2009 untuk mempromosikan WordPress di Jepang. Wapuu kemudian menjadi maskot yang menyatukan para pencinta WordPress di seluruh dunia.

Saat ini sekitar lebih dari 300 Wapuu terdaftar di situs web Wapu.us yang diciptakan oleh para komunitas WordPress atau perusahaan. Wapuu yang diciptakan oleh komunitas kerap memiliki karakter khusus yang menggambarkan budaya setempat.

WordCamp yang diadakan di berbagai belahan dunia biasanya juga menjadi ajang munculnya Wapuu dengan karakter baru. Para pengguna WordPress pun berlomba-lomba mengoleksi Wapuu karena berbagai karakternya yang sangat unik dan menarik.

WordCamp yang diadakan di berbagai belahan dunia biasanya juga menjadi ajang munculnya Wapuu dengan karakter baru.

Di Indonesia, sekitar 9 (sembilan) Wapuu pernah diperkenalkan yaitu pada WordCamp Denpasar tahun 2016, WordCamp Ubud tahun 2017, WordCamp Jakarta tahun 2017 dan WordCamp Jakarta tahun 2019. Salah satunya adalah Wapuu yang diperkenalkan oleh Exabytes yang diberi nama Maspuu. Beberapa dari Wapuu ini sudah dapat ditemukan pada situs web Wapu.us.

Pada WordCamp Jakarta kemarin, tidak hanya satu Wapuu tetapi setidaknya ada tiga Wapuu baru yang diperkenalkan, selain Wapuu dari WordCamp Jakarta tahun 2017 yang didisain oleh Viking Karwur.

Wapuu yang diperkenalkan saat WordCamp Jakarta tahun 2017 adalah Wapuu Ondel-Ondel Abang Betawi. Di tahun 2019, Wapuu Ondel-Ondel Abang Betawi bertemu pasangannya yaitu Wapuu Ondel-Ondel None Betawi yang didesain oleh Mutia N. Kusuma. Seru kan!

Layaknya pasangan Abang dan None Betawi, pasangan Wapuu Ondel-Ondel Betawi ini juga tampil mesra di WordCamp Jakarta tahun 2019 dan merepresentasikan budaya setempat di Jakarta yaitu budaya Betawi.

Ondel-Ondel sebagai ikon kota Jakarta ternyata sudah ada sejak tahun 1600-an. Sering kali disebut boneka Ondel-Ondel, tinggi Ondel-Ondel sebenarnya dapat mencapat 2,5 meter. Pasangan Ondel-Ondel juga dipercaya diambil dari kepercayaan animisme zaman dulu, Barong, sebagai pelindung dari roh jahat.

Pada pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, peran Ondel-Ondel berubah menjadi ikon kota Jakarta. Saat ini, Ondel-Ondel biasanya dihadirkan dalam sebuah perayaan untuk menyambut para tamu ataupun sekedar menyemarakan suasana.

Tidak hanya Wapuu Ondel-Ondel, pada WordCamp Jakarta 2019 pun diperkenalkan Wapuu Si Pitung dan Wapuu Ojol. Selain itu, Mutia juga merancang Wapuu salah satu tokoh dunia persilatan di Indonesia, yaitu Wapuu Wiro Sableng.

Jadi bagi teman-teman yang ingin berkreasi dengan menciptakan Wapuu yang menggambarkan budaya Indonesia atau mewakili komunitas WordPress di kotanya, silahkan ciptakan Wapuu yang unik. Dan jangan lupa upload di situs web Wapu.us. Wapuu ini nantinya dapat diperkenalkan saat WordPess Meetup, dan ikut meramaikan WordCamp!

Ditunggu ya kehadiran Wapuu keren lainnya dari seluruh Indonesia!

Tinggalkan Balasan