Reportase WP Meetup Bali #60

Hari Senin, tanggal 6 Januari 2020 kemarin telah berlangsung Meetup yang diadakan oleh komunitas WordPress di Bali khususnya di daerah Ubud yang bertempat di Passion Lab, The Onion Co. Acara ini dihadiri oleh sekitar 7 orang. Komunitas yang datang pun dari berbagai profesi mulai dari developer, business owner, freelancer dan lainnya. Materi yang dibawakan kali ini adalah “Cara Membuat Situs Web menggunakan Aplikasi WordPress di Ponsel Android dan iPhone.”

Sebelum materi di mulai Devin selaku Meetup organizer membuka acara dengan memberikan beberapa informasi tentang kegiatan komunitas dan acara WordCamp Asia yang akan berlangsung bulan Februari 2020 di Bangkok. Walau standar ticket sudah terjual habis, teman-teman yang berminat hadir dapat kesempatan terakhir untuk membeli microsponsor ticket karena pihak organizer menambahkan kuota sejumlah 50 tiket, yang telah di rilis pada tanggal 15 Januari 2020 kemarin. Silakan cek situs web https://2020.asia.wordcamp.org/ untuk terus mengikuti perkembangan WordCamp Asia 2020.

Sesi acara Meetup kali ini dibawakan oleh Niels dan Derek. Keduanya memberikan materi mulai dari cara menginstal aplikasi WordPress di ponsel hingga cara membuat situs web sederhana. Saya menggunakan tema Balasana yang di rekomendasikan oleh Niels. Dijelaskan pula fungsi dari masing-masing menu dan pilihan kategori tema. Kita juga harus menentukan tujuan dari situs web. Delek menjelaskan secara lengkap fungsi dari Customizer yang digunakan.

Sesi ini berlangsung kurang lebih 2 jam termasuk dengan sesi diskusi. Kesimpulan dari materi kali ini adalah sebelum membuat situs web, sebaiknya kita harus menyiapkan konsep yang matang. Sehingga saat pembuatan situs web, kita dapat menggunakan aplikasi WordPress dengan maksimal. Pemilihan tema yang sesuai sehingga tampilan dari situs web yang kita inginkan juga penting agar situs web kita mempunyai daya tarik tersendiri.

Tinggalkan Balasan